Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Tunas Agraria?

GO TO LOGIN

Need a Username/Password?

GO TO REGISTRATION

Author Guidelines 

To simply follow our journal's guideline, please download this TEMPLATE, and replace the content with your own material.

Pedoman penulisan artikel pada Tunas Agraria dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Naskah merupakan karya ilmiah orisinal (bukan plagiasi) dan belum pernah dipublikasikan atau sedang dalam proses publikasi oleh media lain;
  2. Naskah harus sesuai dengan gaya selingkung dan template jurnal;
  3. Naskah yang dikirim dapat berupa gagasan konseptual, atau hasil penelitian, atau pemikiran;
  4. Penulis harus mengajukan naskah yang mengulas tema-tema aktual dalam Agraria, Pertanahan dan Tata Ruang ( Lihat Fokus dan Ruang lingkup) yang menunjukkan ketajaman analisis, kemutakhiran referensi dan tidak ada plagiat;
  5. Naskah dapat berbahasa Indonesia, atau berbahasa Inggris;
    Sistematika naskah adalah:
    • Judul;
    • Nama penulis (tanpa gelar akademik), afiliasi, dan e-mail;
    • Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Maksimal abstrak memuat 150-200 kata;
    • Kata Kunci, antara 3-5 kata;
    • Pendahuluan;
    • Metode;
    • Hasil dan Pembahasan (Langsung diberikan judul sesuai dengan tujuan penelitian tidak ditulis “Hasil dan Pembahasan”);
    • Kesimpulan;
    • Daftar Pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam naskah)
    • Naskah ditulis di atas kertas ukuran A4 sepanjang 20 s.d. 25 halaman (sekitar 6.000 kata); dengan margin halaman, kiri 3 cm, atas 2 cm, kanan 2 cm, bawah 2 cm; menggunakan huruf font Palatino Linotype 11, spasi 1,3.
  6. Artikel yang dikirimkan ke Tunas Agraria ditulis dengan menggunakan aplikasi referensi Mendeley atau Zotero manager dengan Format American Psichological Association/APA Citation Style (edisi ke-7)
  7. Bentuk penyajian informasi (tabel, gambar, grafik, foto, dan diagram), judul diletakkan di atas, dan sumber diletakkan di bawah.
  8. Naskah yang dikirim melalui Open Journal Systems  (OJS) dan pastikan artikel yang dikirim menggunakan template artikel.

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).


Jurnal Tunas Agraria berlisensi di bawah Lisensi a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.

If the author has difficulties in the submission process through the online system, please contact Jurnal Tunas Agraria editorial team at  tunasagraria@stpn.ac.id

Download article template in HERE